Cara cepat upload file wordpress ke hosting
-> Tips Wordpress

#1: Cara cepat upload file wordpress ke hosting Author: officialwebhosting PostPosted: Wed May 04, 2011 11:58 pm
    ----
Langkah upload wordpress secara manual ke hosting anda.

1. Download file wordpress terbaru dari wordpress.org
Anda akan mendapatkan file zip.
Upload file zip itu ke folder utama web anda menggunakan file manager. Anda juga bisa upload via FTP karena lebih cepat. Cek panduan lain terkait upload menggunakan ftp. Bagi yang sudah akrab dengan FTP, disarankan menggunakan FTP saja. Bagi yang belum mahir ftp, gunakan file manager saja.

Yang masih awam soal file manager, klik di sini untuk melihat cara mengakses file manager dari cpanel.

Setelah tahu cara akses file manager, maka anda harus upload file zip wordpress tadi. Buka dulu folder yang akan diupload file wordpress, jika anda akan upload di web utama, maka langsung buka folder public_html. Jika anda akan upload di folder lain misalnya di folder subdomain atau di folder addon domain, maka anda harus buka dulu folder yang bersangkutan, caranya dengan klik dua kali nama folder ini. Dalam contoh ini kita akan upload di folder blog, bukan di web utama berarti.

Bagi yang belum paham cara upload via file manager,
berikut panduan cara upload file via File Manager, ikuti sampai langkah ke-4.

2. Setelah file sudah berhasil diupload, langkahnya sbb:
Pilih file yang baru diupload tadi dengan cara klik file zip dari wordpress tadi, klik sekali saja jangan sekali.

Kemudian klik tombol Extract.



Akan muncul dialog di window baru yang menanyakan file akan diekstrak ke mana. Seperti disebutkan di atas, kita akan ekstrak di bawah folder blog. Maka pastikan isian atau tujuan folder untuk ekstrak adalah:

/public_html/blog

Kemudian tekan tombol Extract File(s)



Dalam beberapa detik, file akan terekstrak di hosting kita.


Namun, hasil ekstrak tadi berada di folder tersendiri yaitu folder: wordpress. Ini jadi masalah tersendiri dan harus diakali. Tips: untuk melihat hasil ekstrak di folder wodpress, anda harus reload dulu halaman anda, atau click menu Up One Level pada file manager, kemudian klik dua kali folder yang tadi berisi file zip wordpress.




Padahal kita ingin file-file wordpress itu berada langsung di bawah folder utama kita (folder www jika itu domain utama, folder lain jika bukan untuk web utama, kali ini kita contohkan di bawah folder blog).

Untuk memindah file-file itu caranya gampang.
- Klik dua kali folder wordpress tadi, kemudian klik menu Select All, maka semua akan terpilih, setelah itu klik Move File


Setelah klik Move File, akan tampil dialog lokasi move, pastikan lokasi itu menunjuk ke folder yang anda inginkan, dalam contoh ini adalah:

/public_html/blog/



Maka dalam sekejab file dan folder wordpress tadi sudah pindah ke folder blog.
TIPS: Jika anda akan mengupload files wordpress yang sama ke beberapa folder atau ke beberapa addon domain, maka operasi yang anda gunakan di atas bukan Move File tapi Copy. Langkahnya mirip, hanya saja saat klik Move File anda ganti Copy. Dengan copy, maka file dan folder wordpress masih tertinggal di folder wordpress. Anda bisa menggunakan isi folder wordpress itu untuk dicopy ke folder lain di addon domain lain yang akan dikelola.



-> Tips Wordpress

All times are GMT + 7 Hours

Page 1 of 1