Cara menghosting domain tambahan atau addon domain
-> Apa saja yang dibutuhkan? Apa itu CPanel?

#1: Cara menghosting domain tambahan atau addon domain Author: officialwebhosting PostPosted: Sun Mar 18, 2012 5:55 pm
    ----
Untuk hosting tertentu, tersedia fasilitas addon domain.
Addon domain adalah fasilitas yang memungkinkan anda menambah domain pada satu akun hosting anda. Jadi anda bisa memasukkan hosting anda sebanyak fitur yang diberikan kepada paket hosting anda.

Keunggulannya adalah hanya dengan satu paket hosting dan satu akun cpanel, anda bisa mengelola domain di bawah satu atap.
Kelemahannya adalah, jika salah satu web anda bermasalah, misalnya load terlalu tinggi atau melonjak, maka semua web anda di bawah akun cpanel itu akan tersuspensi atau dibekukan semua.


Atau, jika salah satu web anda kena hack, maka bisa menjalar ke web lain. Jadi, bagi hacker jahat, addon domain ini seperti sekali tepuk dapat banyak nyamuk. Jadi hati-hati menggunakan addon domain, jangan sampai anda menaruh domain-domain penting dalam satu akun.

Juga jangan sampai anda telalu banyak menaruh domain di satu akun cpanel karena semakin meningkatkan risiko website anda. Usahakan maksimal hanya 5 domain, jika terpaksa dan terkait domain-domain kecil yang tak penting bagi anda, anda bisa sampai 10 domain dalam satu akun cpanel. Tapi dengan catatan anda harus rajin update software web yang anda gunakan jangan sampai out of date sehingga memungkinkan hacker mampir di web anda.

Ok, berikut caranya:

1. Dari panel domain yang akan anda masukkan ke hosting anda, ubah nameserver domain baru itu ke nameserver yang sama dengan domain utama anda. Tunggu hingga 24 jam untuk penyebaran dns, atau setidaknya tunggu beberapa jam dulu baru anda buat Addon domain di hosting web utama anda. Beberapa hosting, tak membolehkan anda add domain selagi domain tambahan tersebut masih mengarah ke server lain alias belum mengarah ke hosting milik anda. INGAT: walaupun anda sudah mengubah nameserver di domai baru itu, tak serta merta dia langsung mengarah ke hosting anda, butuh waktu propagasi dns atau penyebaran dns yang lamanya bisa 24 jam.


2. Setelah 24 jam ubah nameserver, atau setidaknya sudah menunggu beberapa jam, silakan Login ke cpanel dari domain utama anda.

3. Klik addon domains


4. Akan terbuka isian seperti di bawah ini, isikan nama domain anda yang akan anda tambahkan. Isian lain seperti username dan directory biasanya terisi otomatis. Khusus untuk username, walaupun terisi otomatis, namun anda harus menjaganya jangan sampai melebihi 8 karakter. Anda bisa mengubah username sesuka hati anda. Username dan password ini berguna jika anda menggunakan ftp untuk upload file di hosting addon domain anda ini.



Setelah menekan tombol Add Domain dan tak ada error, maka addon domain anda sudah sempurna tercipta. Jika ada error, biasanya karena propagasi dns belum selesai. Jadi anda harus sabar menunggu.



VFE5YKGY3HBA



-> Apa saja yang dibutuhkan? Apa itu CPanel?

All times are GMT + 7 Hours

Page 1 of 1